Universitas Pertamina mengadakan Ujian Masuk Periode Juli 2016

usm3_jakarta

JAKARTA, 22 Juli 2016 – Sebanyak 1272 peserta dari berbagai lulusan Sekolah Menengah Umum/Kejuruan/sederajat lulusan tahun 2011 hingga 2016 mengikuti Ujian Masuk Universitas Pertamina untuk periode Juli pada tanggal24 Juli 2016 di SMA Labschool Kebayoran, SMPN 19 Jakarta, dan SMPN 11 Jakarta. Pelaksanaan ujian ini merupakan periode terakhir dalam runtutan penerimaan mahasiswa baru Universitas Pertamina.

Universitas Pertamina membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 selama tiga periode yaitu periode April, periode Juni, dan periode Juli.

Pada periode April lalu terdapat 1261 siswa yang melaksanakan ujian sedangkan untuk periode Juni terdapat sekitar 3075 yang ikut serta di dalam proses ujian.

Rektor Universitas Pertamina Akhmaloka, didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Ichsan Setya Putra, Wakil Rektor Bidang Keungan dan Sumber Daya Manusia Simson Panjaitan, dan Wakil Rektor Kerjasama Budi Soetjipto mengungkapkan rasa suka cita mereka terhadap minat dan antusiasme yang begitu tinggi dari para peserta ujian.

Ujian Masuk Universitas Pertamina dimulai pada pukul 9 pagi dimana setiap peserta ujian harus mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) yang merupakan sebuah tes psikologi yang dirancang untuk mengetahui kemampuan numerik, penalaran, dan bahasa dari setiap peserta. Peserta akan dinyatakan lulus jika memenuhi persyaratan nilai tertentu yang ditetapkan oleh Universitas Pertamina. Akhmaloka menyatakan bahwa Universitas Pertamina akan menerima jumlah mahasiswa program Sarjana sekitar 1.000 orang, atau rata-rata sekitar 60 hingga 100 orang mahasiswa per program studi.

Menurut Akhmaloka, lulusan Universitas Pertamina dipersiapkan menjadi pribadi yang mandiri, berwawasan global, kompeten dan memiliki kemampuan yang relevan dengan tantangan dunia usaha dan industri, khususnya di bidang bisnis dan teknologi energi. “Tahun ketiga dan keempat, kami ingin kuliahnya diberikan oleh praktisi industri. Hal inilah yang membedakan kami dengan Universitas lain karena kami memiliki hubungan yang kuat dengan industri di bidang migas,” jelas dia.

Universitas Pertamina berlokasi di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, membuka 15 Program Studi (prodi) dengan 6 fakultas. Ke-enam fakultas tersebut adalah Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi dengan 3 prodi, yaitu Teknik Geofisika, Teknik Geologi, dan Teknik Perminyakan. Kemudian, Fakultas Perencanaan dan Infrastruktur dengan 2 prodi, yaitu Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan; Fakultas Teknologi Industri dengan 4 prodi, yaitu Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik; Fakultas Sains dan Komputer dengan 2 prodi, yaitu: Kimia dan Ilmu Komputer; Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan 2 prodi, yaitu Manajemen dan Ilmu Ekonomi; serta Fakultas Komunikasi dan Diplomasi dengan 2 prodi, yaitu prodi Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional. (IMH)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *