Siap Menjadi Entrepreneurial University, Universitas Pertamina Raih Juara ke-3 di Ajang National Business Plan Competition 2019

Jakarta – Dalam rangka memenuhi tuntutan untuk bertransformasi menjadi perguruan tinggi generasi ke-4 (fourth generation university) yakni entrepreneurial university, Universitas Pertamina senantiasa mendorong kegiatan berbasis kewirausahaan di lingkungan kampus baik melalui kegiatan internal maupun melalui partisipasi dalam kegiatan eksternal. Gagasan utama yang ditawarkan oleh entrepreneurial university adalah pergeseran kegiatan penelitian dari basis individual menjadi basis kolektif dan perluasan misi pendidikan dari pendidikan untuk individu menjadi pendidikan untuk pengembangan organisasi-organisasi di luar kampus, di antaranya melalui pelembagaan inkubator bisnis.

Menyatakan kesiapan untuk bertransformasi menjadi entrepreneurial university, Universitas Pertamina melalui peran Tim Program Studi Ekonomi, pada tanggal 9 November 2019 berhasil meraih Juara ke-3 di ajang National Business Plan Competition 2019. Tim yang menamai diri mereka “UPmazing” tersebut terdiri dari tiga orang mahasiswa Program Studi Ekonomi Angkatan Tahun 2019, yakni: Qori’atul Septiavin, Fakhrur Rozi, dan M. Hafizh. National Business Plan Competition merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia bekerjasama dengan Center for Entrepreneurship Development and Studies (CEDS) Universitas Indonesia. Ajang tersebut dilaksanakan dalam rangkaian Universitas Indonesia Entrepreneur Series (UIES) 2019.

Tim dari Program Studi Ekonomi Universitas Pertamina mengusung kategori business plan di bidang kuliner dengan judul “Go-kies: Pemanfaatan Ganyong sebagai Upaya Diversifikasi Potensi Lokal Berbasis Enviropreneur”. Menurut salah satu anggota tim, Qori’atul Septiavin, selain produk yang unik, bahan baku yang digunakan juga merupakan umbi yang selama ini dianggap remeh oleh masyarakat, yakni ganyong (nama latin: Canna discolor L. syn. C. edulis). “Di samping profitable, rencana bisnis ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat,” tambahnya.

Prof. Dr. Ir. Dermawan Wibisono, M.Eng, selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis & Fakultas Komunikasi dan Diplomasi Universitas Pertamina menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang telah diraih oleh Tim UPmazing. “Semoga prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa-mahasiswa lainnya untuk terus mempersiapkan diri menjadi bagian dari perkembangan startup companies di Indonesia, dalam rangka menyambut transformasi perguruan tinggi generasi ke-4,” tutupnya.

Contact Appointment