Berita Energi
SKK Migas Dukung Pertamina Berdayakan UMKM Lewat Digitalisasi

Published by: tribunnews.com 24 June 2022
Di baca: 3 kali
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mendukung program pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) oleh PT Pertamina (Persero) agar naik kelas melalui berbagai terobosan seperti mengoptimalkan penggunaan e-commerce dan aplikasi digital.

Terobosan seperti itu diharapkan bisa diikuti kontraktor lain dalam upaya pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi operasional minyak dan gas (migas).

“Pada prinsipnya kami mendukung program pemberdayaan UMKM melalui sistem digitalisasi, pembinaan kompetensi, bantuan pendanaan untuk meningkatkan produksi dan hal-hal lain yang perlu dilakukan oleh KKKS, terutama Pertamina, dalam melakukan pemberdayaan. Kami berharap cara-cara digitalisasi dalam mendukung UMKM bisa menjadi salah satu terobosan yang diikuti oleh KKKS lain,“ tutur Kepala Divisi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa SKK Migas Erwin Suryadi, di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Dia mengamati pemberdayaan Mitra Binaan yang dilakukan Pertamina bisa menjadi role model. Menurutnya, pengembangan UMKM sebaiknya menyesuaikan kebutuhan UMKM yang dibina.

“Komunikasi dan social mapping kuncinya. Kami juga menjalankan business matching melalui forum kapasitas nasional agar UMKM dapat berkembang dengan baik,” tuturnya.

Program Kemitraan yang dilakukan Pertamina menjadi solusi dari berbagai permasalahan UMKM mulai dari permodalan, administrasi, teknologi dan akses pasar, termasuk di masa pandemi COVID-19. Perusahaan sejak 1993-2021 telah merangkul sebanyak lebih dari 65 ribu UMKM sebagai Mitra Binaan.

Secara komulatif dana untuk UMKM yang telah tersalurkan sebesar Rp 4.02 triliun dan sebanyak lebih dari 1,040 juta kapita mendapat manfaat ekonomi langsung dari Program Kemitraan Pertamina.

Pada masa sulit akibat pandemi COVID-19, terutama setelah adanya pembatasan aktivitas masyarakat untuk mencegah penularan, Pertamina terus memberdayakan sebanyak 176 UMKM Mitra Binaan yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menyediakan lebih dari 10 ribu produk dukungan berupa produk multivitamin dan herbal, madu, sabun, hand sanitizer, desinfektan, masker dan sebagainya untuk penanggulangan COVID-19.  Nilai bantuan yang diberikan kepada UMK tercatat sebesar Rp3,091 miliar.

Selain itu, pada saat COVID-19 Pertamina mengaktifkan 30 Rumah BUMN (RB) yang membawahi 9.090 Mitra Binaan. Pelaku usaha didorong adaptif terhadap wabah COVID-19. Terdapat 420 UMKM mitra RB dengan nilai transaksi sebesar Rp14,071 miliar.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul SKK Migas Dukung Pertamina Berdayakan UMKM Lewat Digitalisasi, https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/24/skk-migas-dukung-pertamina-berdayakan-umkm-lewat-digitalisasi.
Penulis: Sanusi
Editor: Choirul Arifin
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved