Berita Energi
PLTM Kandibata I Beroperasi, Bauran EBT di Sumut Capai 43,47%

Published by: medanbisnisdaily.com 14 January 2023
Di baca: 48 kali
Medanbisnisdaily.com-Medan. PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara siap menyerap pasokan listrik menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Kandibata I dengan kapasitas 2x4,85 MW yang berlokasi di Kabupaten Karo, Sumut.

Pengoperasian PLTM Kandibata I ditandai dengan penandatanganan berita acara Commercial Operation Date (COD) yang dilakukan antara PLN Unit Induk Distribusi Sumut dan PT Karo Bumi Energi di Hotel Grand City Hall Medan, Senin (09/01/2023).

General Manager PLN UID Sumut, Tonny Bellamy, mengatakan dengan beroperasinya PLTM Kandibata I menambah penggunaan green energy atau EBT di Sumut. Saat ini porsi EBT dalam bauran energi Sumatera Utara mencapai 43,47%.
Tidak hanya sampai disini, PLN UID Sumut merencanakan akan melakukan COD untuk 6 PLTM dan PLTBM dalam semester pertama di tahun 2023 ini yang mencapai kapasitas daya total 43,7 MW.

"PLTM Kandibata I merupakan pembangkit EBT ke 20 yang beroperasi di Sumatera Utara. Dengan beroperasinya PLTM Kandibata I dapat meningkatkan kehandalan pasokan listrik khususnya di Kabupaten Karo dan sekitarnya. Hal ini juga harus dibarengi dengan kelestarian lingkungan di sekitar PLTM agar dapat tetap terjaga sehingga masyarakat sekitar bisa mendapatkan manfaat," kata Tonny.

Presiden Direktur PT Karo Bumi Energi, Lai Tat Chai, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang diberikan oleh PLN Unit Induk Distribusi Sumut selama pembangunan PLTM Kandibata I.

"Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan pemanfaatan pembangkit listrik Minihidro dalam rangka mensukseskan program green energy yang ramah lingkungan," tambah Lai.

Dengan beroperasinya PLTM Kandibata I dapat memperbaiki kualitas tegangan dari 20,66 kV menjadi 20,91 kV dan efisiensi Biaya Pokok Produksi (BPP) di Sumut sebesar Rp 11,197 miliar.
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved